- Analisis Break Even Point
Break Even Point adalah suatu titik atau suatu keadaan dimana perusahaan di dalam operasinya tidak memperoleh keuntungan dan tidak menderita rugi. Dengan kata lain pada keadaan itu keuntungan dan kerugian sama dengan nol, hal ini bisa terjadi apa bila perusahaan dalam operasinya menggunakan biaya tetap dan volume penjualan haya cukup untuk menutup biaya tetap dan biaya variabel.
Penerapan Analisis Break Even Point pada permasalahan produksi biasanya digunakan utuk menentukan tingkat produksi agar perusahaan pada titik impas. Analisi Break Even Point dapat memberikan informasi kepada pimpinan, bagaimana pola hubungan antara volume penjualan, biaya dan tingkat keuntungan yang akan diperoleh pada tingkat tertentu. Terdapat tiga komponen biaya yang dipertimbangkan dalam Analisis Break Even Point yaitu biaya tetap, biaya variabel dan biaya total.
- Biaya Tetap
Biaya tetap adalah biaya yang selalu tetap walaupun jumlah yang diproduksi selalu berubah-ubah sehingga biaya akan konstant pada periode tertentu.
- Biaya Variabel
Biaya variabel merupakan biaya yang selalu berubah sesuai denganb perubahan produksi atau pernjualan. Penggabungan biaya variabel dan biaya tetap adalah biaya total.
- Menentukan BEP
- Pendekatan Matematis
BEP = Fixed Cost =............ unit
Sales Price/unit – Variabel cost /unit
atau
BEP = Fixed cost =………..Rp
1- Variable Cost / Net Sales
- Pendekatan Grafik
Pendekatan secara grafis dapat dilakukan dengan menggambarkan perilaku pengeluaran biaya tetap, biaya variael, biaya total dan untuk kondisi tertentu yang akan diukur BEP nya. Secara grafis titik impas ditentukan oleh perpotongan antar garis total pendapatan dan gari total biaya
- Asumsi-asumsi dalam BEP
Asumsi-asumsi yang digunakan dalam menghitung BEP adalah :
- Fixed Cost harus konstant pada periode tertentu
- Variabel Cost dalam hubungannya dengan sales harus constant
- Sales Price atau unit tidak berubah dalam periode tertentu
- Sales Mix harus konstant
Berdasarkan batasan-atasan tertentu, BEP akan berubah apabila :
1. perubahan dalam Fixed Cost
2. Perubahan dalam Sales Price/unit
3. Perubahan dalam variable cost ratio atau varibel cost/unit
4. Terjadinya perubahan dalam Sales mix
0 komentar:
Posting Komentar